Menteri Termiskin di Kabinet Indonesia Bersatu

Menteri Pertanian terjun ke sawah

Menteri Pertanian terjun ke sawah

Anton Apriantono, Menteri Termiskin di Kabinet Indonesia Bersatu. Ke Daerah, dengan Tiket Ekonomi, Nginap di Rumah Petani. Di Kabinet Indonesia Bersatu, Menteri Pertanian (Mentan) Anton Apriantono dijuluki sebagai menteri termiskin. Sebab, berdasar laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), total kekayaannya “hanya” Rp 388.936 juta. Bagaimana kesehariannya?

RIDLWAN HABIB, Jakarta

Bikin janji untuk bertemu Anton Apriantono tidak terlalu sulit. Di antara menteri yang duduk di Kabinet Indonesia Bersatu, pria yang lama menjadi dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB) itu termasuk yang paling mudah dihubungi melalui ponselnya.

Kemarin sore, Jawa Pos diberi kesempatan bertamu di rumah Anton di kompleks perumahan dinas para menteri, tepatnya di Jl Widya Chandra V. Begitu masuk ke halaman rumahnya, seorang petugas keamanan dengan tulisan nama Sukim di dadanya ramah mempersilakan masuk. “Cari Bapak ya, silakan langsung saja ke ruang tamu,” ujarnya.

Halaman depan rumah dinas Anton tampak bersih. Aneka tanaman hias disusun rapi dalam pot yang berisi tanah liat. Tidak ada tanaman perindang besar, kecuali sebuah palem kipas yang ditanam di pojok pagar. Berbeda dari rumah menteri lainnya, di garasi rumah Anton, hanya ada dua mobil yang diparkir. Yakni, Kijang abu-abu keluaran 1994 dan mobil dinas rumah dinas menteri-menteri lain yang, selain berisi mobil dinas, terdapat beberapa mobil lain keluaran terbaru.

“Assalamu ‘alaikum, apa kabar?” kata Anton ramah yang muncul dari ruang tengah. Pria kelahiran 5 Oktober 1959 tersebut muncul dengan kemeja lengan panjang bercorak garis-garis. “Hari ini banyak tamu. Maklum, masih suasana Idul Fitri,” ujarnya. Dia menceritakan, selama Lebaran, keluarganya lebih banyak berada di Jakarta . Hanya hari pertama keluarganya berkunjung ke Serang dan Bogor ,Jawa Barat.

Pada awal pembicaraan, dia lebih banyak menceritakan tentang kesibukannya sebagai menteri, sehingga waktu untuk keluarga berkurang. “Karena itu, setiap di rumah, saya manfaatkan betul untuk keluarga. Rasanya sih mereka tidak pernah mengeluh,” ungkapnya. Sejak menjadi menteri, Anton memboyong keluarganya tinggal di rumah dinas. Rumahnya di Bogor dibiarkan kosong. Di tengah mengobrol dengan Jawa Pos, putri tunggalnya, Sri Rahayu, masuk membawa secangkir teh. “Silakan diminum. Kebetulan, saat ini saya sedang puasa Syawal,” kata menteri yang diusulkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Ketika disinggung seputar kekayaannya berdasar LHKPN dan diumumkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dia hanya tersenyum. “Saya bersyukur dianggap begitu (disebut menteri termiskin). Pokoknya, kalau dibandingkan menteri lain, nggak mungkin bisa ngejar, apalagi sama Pak Ical (Menko Kesra Aburizal Bakrie yang dijuluki sebagai menteri terkaya dalam kabinet SBY, Red),” ujarnya lantas tertawa. Dia menjelaskan, sejak menjadi dosen dan kepala laboratorium di IPB, Anton terbiasa menabung. Hasilnya, dia mampu membeli aset berupa tanah di Bogor .

Kegemaran berhemat itu diteruskan sampai sekarang. “Sebagian berasal dari gaji dan uang perjalanan ke luar negeri. Itu pun sudah berlebih,” tegasnya. Suami Rossi Rozzana tersebut mengaku, kehidupannya saat masih menjadi dosen sudah cukup. “Apalagi sekarang, apa sih yang mau kita kejar? Makan saja tak lebih dari sepiring,” katanya. Sebagai menteri, dia mengaku digaji Rp 19 juta per bulan. Selain dari gaji, pendapatan Anton diperoleh dari honor menjadi narasumber di seminar. Sebelum menjadi menteri, dia memang sering diundang sebagai ahli di bidang kimia pangan. “Tapi, honorarium dari seminar biasanya dikelola staf,” jelasnya. Menurut doktor lulusan University of Reading , Inggris, tersebut, kunci perbaikan departemen yang dipimpinnya bermula dari diri sendiri.

“Kalau pemimpin tak bisa jadi uswah (teladan, Red), jangan berharap anak buah mengikuti,” ujarnya. Anton lantas mencontohkan saat dirinya melakukan perjalanan dinas ke daerah menggunakan pesawat. Dia tidak pernah mau naik kelas bisnis. Dia selalu minta diberi tiket ekonomi. Demikian pula ketika harus menginap di suatu daerah. Anton tidak pernah mau diinapkan di hotel berbintang lebih dari tiga. “Kalau menterinya (pakai) ekonomi, anak buahnya nggak ada yang berani (di kelas) bisnis,” ungkapnya lantas tersenyum.

Menurut dia, budaya Orde Baru, yakni daerah harus selalu menyambut pejabat pusat dengan servis VVIP, harus dikikis habis. “Saya lebih suka menginap di rumah petani daripada di hotel. Mereka itu orang yang apa adanya. Tidak ada yang dibuat-buat, ” tegasnya. Dia lantas menceritakan pengalamannya ketika menginap di rumah salah seorang petani di Karawang. “Saat itu, atap rumahnya sudah mau roboh,” katanya seraya tersenyum lebar. Anton mengaku, saat ini dirinya sedang memperjuangkan budaya keterbukaan didepartemen yang dipimpinnya. Salah satu contohnya, nomor HP-nya terbuka bagiseluruh anak buahnya. Termasuk, pegawai dan penyuluh lapangan di daerah. “Dari mereka, saya bisa tahu keluhan di lapangan. Termasuk, jika ada laporan korupsi, langsung saya minta ditindaklanjuti oleh Irjen (inspektorat jenderal, Red),” jelasnya.

Dia juga sering mengajak anak buahnya outbound (training di alam). “Kalau dialam, perilaku aslinya terlihat,” ujarnya. Dua minggu sekali, dia menggelar rapat pimpinan yang diakhiri dengan masing-masing saling memberi nasihat. “Jadi, kalau tidak sesuai dengan yang diomongkan, orangnya malu,” katanya. Kesederhanaan tersebut Anton diakui sekretaris pribadinya, Dr Abdul Munif. “Saya sampai malu karena bapak sering ngotot pakai kelas ekonomi saat kunjungan ke daerah. Kadang-kadang, sampai saya akali dengan mengatakan tiket ekonomi sudah habis,” ungkapnya. Alumnus Bonn University , Jerman, yang mendampingi Anton sejak sebelum menjadi menteri itu mengaku, hal tersebut dilakukan untuk menjaga kehormatan Anton sebagai menteri. “Itu kalau kebetulan sedang bersama menteri lain atau ada tamu dari luar negeri. Kalau berangkat sendiri, hampir selalu ekonomi,” jelasnya.

Saat mengunjungi daerah, Munif mengaku banyak pejabat dan bupati yang heran mengetahui kebiasaan Anton. “Awalnya, mereka (bupati dan pejabat daerah) heran. Tapi, dua tahun ini sudah biasa. Mereka malah berterima kasih,” ujarnya. Dia menyatakan, satu hal yang paling berkesan adalah perhatian Anton kepada anak buah. Di antaranya, Anton selalu mengingat nama dan kebiasaan-kebiasaan kecil stafnya. “Beliau tak risi mengirimkan ucapan selamat ulang tahun atau memberikan bantuan ketika ada yang punya gawe,” ungkapnya. (*)

Subhanalloh, pemimpin seperti inilah yang sepatutnya kita contoh. Meskipun punya jabatan tapi tetap hidup sederhana, tidak ada gengsi-gengsian dimana kebanyakan pemimpin-pemimpin di negara kita identik dengan kehidupan yang glamor. Yang diutamakan adalah bagamana amanah yang dembannya dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Sumber : dari teman

)I( )I( )I(

126 responses to “Menteri Termiskin di Kabinet Indonesia Bersatu

  1. saya merasa sangat berbahagia dan bangga ternyata Indonesia masih memiliki putra bangsa yang begitu bersahaja. seharusnya para pemimpin kita banyak belajar dari Pak Anton.Mudah-mudahan negeri ini akan berubah jadi lebih baik.

  2. kalo gak salah saya pernah baca di tarbawi..(udah lama juga sih…)

  3. menteri yang seperti ini harus dipertahankan dan menjadi contoh bagi menteri2 lainnya..

    TERUTAMA untuk menteri yang PALING KAYA itu.

  4. alhamdullila,aduh senang banget dengar nya ada mentri yg hidup nya bs jd panutan rakyat banyak,saya banga sekali punya mentri seperti pak anton,mudah2an pak anton bisa jadi suri tauladan juga buat mentri yg laen.

  5. Betul saat ini kita sangat membutuhkan pemimpin seperti ini, walaupun sangat sulit ditemukan ataupun termasuk makhluk langka, tapi kita harus tetap optimis karena “harapan itu masih ada”..
    Terimakasih atas kunjungan Mba Elly Sumantri, Mba Dytiarti88, Mas mnrp dan Mba Helena (maaf klo salah sebut panggilan)🙂
    Semoga dari kisah Pak Anton kita bisa belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin yang amanah, benar-benar melayani rakyat bukan malah dilayani oleh rakyat..

  6. inilah mungkin salah satu, tanda2 indonsia akan maju. berjuang terus pak menteri,….jangan berhenti dakwah,….

  7. semoga mas ubbaid… amien

  8. Makhluk langka di jaman yang sudah rusak begini. Ayo Pak Menteri, tetap istiqomah! Moga jadi inspirasi bagi orang lain

  9. salut dan suskes dan perlu dilestarikan keberadaannya ..kita angkat saja beliau menjadi calon presiden besok…

  10. mudah2an tambah banyak menteri yang seperti ini

  11. Ami..n terima kasih kunjungannya mas ridwan dan mas fetro

  12. Amin dan mudah mudahan banyak mentri yang bisa mengambil contoh seperti ini.

  13. gud..gud…gud….

  14. luar biasa.. numpank nge-link

  15. ternyata pak anton seorang menteri yang berjiwa rakyat. semoga lebih ramai menteri sebegini dalam memperjuangkan dan memahami masalah rakyat bawahan. Di malaysia, hanya tuan guru nik aziz iaitu menteri besar kelantan yang mempunyai sifat sebagaiman pak anton.

  16. wah.. Inilah contoh mentri yang sesungguhnya, bener bener menjalankan tugas dengan baik tanpa korupsi dan korupsi..🙂

  17. Nah menteri yang kayak gini yang harus memimpin semua departemen di kabinet.. 😀

  18. teladan. kita rindu yg spt ini

  19. Teruskan perjuangan mu pak, jangan tercemar virus korupsi dari teman2 sejawat anda.

  20. 2009….
    ditunggu the next Pak Antons (mudah2n banyk) + kinerja yang mumpuni

  21. syukurmandiritama

    Ya Allah kuatkan Pak Anton dari kesilauannya terhadap dunia,biarkan ia menjadi inspirasi bagi bangsa ini.Amin….

  22. aku copy di blogku mas ijin ya, soale aku muride ingin bangga juga. Yg aku kenal beliau memang sangat sederhana, tapi ilmunya weleh..weleh. patut kita contoh.

    salam,
    ahartoyo
    duniapangankita.wordpress.com

  23. Seandainya para pengayom masyarakat di negeri kita ini seperti beliu, mungkin rakyat bisa tenang dan saling support. Subhanallah.

  24. urang satuju ku kang dansus88, tapi sayangnya bangsa ini lebih mementingkan popularitas….

  25. Lah ya itu… seharusnya orang yg jd mentri tu orang yg biasa2 aja, namun berkualitas.
    bukan orang kaya yg bisa beli jabatan:mrgreen:

  26. punya blog ga yah ?
    kalo punya saya ingin tahu blog nya

  27. Salam
    seandainya semua bisa minimal bersikap begitu, Indonesia akan sejahtra deh🙂

  28. Walaupun dia termiskin diantara para menteri, tapi dia masih kaya dibandingkan rakyat Indonesia pada umumnya.
    Walau bagaimanapun saya salut pada Bapak Menteri ini, Beliau memberikan keteladanan.

  29. kita tunggu anggota kabinet yang lain ngikuti jejak
    Pak Anton Apriantono.

    Baru ni PKS nggak salah Pilih

  30. salut saya sama pak mentri anton. Kalo pak Anton maju di pilpres, pasti saya VOTE for Pak ANTON!!!!

    Pemimpin yang seperti ini yang dibutuhkan oleh bangsa ini. Karena saat ini, bangsa kita kayaknya sudah krisis teladan dari pemimpin.

    @pokona,
    pak mentri sibuk ngurus petani, jadi ndak sempat bikin blog..🙂

  31. @gipsilinux,
    pak mentri memang kaya dibandingkan rakyat indonesia umumnya, tapi tidak memperkaya diri sendiri, kayak yg lainnya..🙂

    Salut buat pak Anton

  32. Buat mas pokona, punya blog apa ga, saya blm tahu tapi beliau punya website http://antonapriyantono.com yg berisi seputar kiprahnya di Deptan
    Terima kasih kunjungannya.. buat mas pokona, mba nenyok dan mba gipsylinux (maaf lg klo salah sebut)🙂

  33. salut dech buat pak mentri🙂

  34. @gipsylinux
    wajar dong kekayaannya segitu, kan sebelumnya dia dosen IPB. Gaji dosen kan lumayan, ditambah honor2 dari seminar. Sepertinya pantas kok tabungannya segitu, apalagi mengingat gaya hidup sederhananya.

  35. Sebaiknya Pak mentri kita ini dijadikan Presiden Indoensia.

  36. kekayaannya “hanya” Rp 388.936 juta, duit segitu kok di bilang Miskin….:)

  37. Arti syukur yang sebenarnya seperti itu, merasa cukup dengan yang telah dimilikinya padahal beliau sanggup memiliki yang lebih dengan kapasitasnya seperti sekarang.
    Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan karunianya bagi pak Mentri dan keluarganya.

  38. Menteri yg patut dicontoh….berharap semua pemimpin bisa seperti ini…….

  39. mas Abu… judulnya kan termiskin di Kabinet Indonesia bersatu…. Tp ‘ala kulli hal, pola hidup sederhananya dala mmenjabat sebag menteri patut kita contoh..

  40. saya jadi ingat cerita teman saya beberapa bulan yang lalu. ketika dia Umroh kebetulan bertemu dengan Pak Menteri ini..dan kata dia benar2 tidak nampak sebagai seorang menteri. waktu itu katanya beliau sedang mondar-mandir sendirian tanpa seorang pengawalpun kemudian duduk di sebelah teman saya…hhmm sekelas menteri dengan pola dan gaya hidup seperti itu di era seperti ini..semoga dapat terus memimpin negeri ini…

  41. saya sebagai anak bangsa patut menghormati segala perjuangan pak menteri. dan bangga sekali karena indonesia ini memiliki seorang menteri yang patut untuk di contoh.

  42. @Abu
    Miskin itu kan relatif…

    Oya, patut dicontoh tuh…🙂

  43. Ukuran kepuasan manusia memang berbeda-beda. Uang memang dibutuhkan, namun bukan sebagai alat ukur.

  44. Abdul Aziz, S.Pd.

    ya seperti itulah Nabi Muhammad mengajar beliau! salut dan semoga tetap istiqomah

  45. contoh yang patut diteladani, terutama untuk yang muda2. semoga makin banyak pemimpin yang mau bersikap seperti ini.

  46. harusnya preseidennya juga mencontoh beliau… apalagi pakde ucup dan paklik ical itu —

  47. kalau mentri ini bisa jdi calon president kita…
    pasti akan aq pilih duluan…hehe

  48. sebenarnya pak anton bagus kalo jadi presiden RI, bakal banyak yang pilih, meski kampanyenya nda muluk2.

    masalahnya adalah org2 seperti ini yg low profile biasanya memang tidak mau dipaksa-paksa jadi pejabat, apalagi jadi presiden.

    syukur kmrn pak anton terima dijadikan menteri. smg bisa bertahan dan tetap memberi teladan ya pak.

  49. Uswatun hasanah, semoga diikuti dengan karya nyata berupa swasembada pangan dan makin sejahteranya kehidupan para petani. Karena hidup sederhana saja dan jujur tidak cukup. Ayo pak menteri, tunjukkan kinerja yang hebat, Bapak pasti bisa.

  50. betul Pa dsusetyo, jd inget bapak saya d kampung yang jadi petani… dengan pemimpin yang amanah insya Alloh petani bisa sejahtera..

  51. pak anton dengan gaji 19 juta. tanya para petani berapa hasil mereka saat panen? kadang tak ada untungnya….

    semoga pak anton juga mau berbagi ya…

  52. Mas, aq numpang ijin copy di Blog demi kepentingan dakwah. http://oyonghairudin.wordpress.com

  53. @Abu
    Baca dulu donk judulnya…

  54. Menurut saya total kekayaannya “hanya” Rp 388.936 juta bagi Bpk Anton sbg menteri, dosen dan honor dari narasumber dari seminar dinilai masih wajar. (maaf) dari pada hanya sekalas camat, walikota, bupati dengan total kekayaan milliaran yg “mungkin” hanya mengandalkan gaji doang.
    PEACE ah

  55. Subhanallah…
    inilah salah satu pahlawan indonesia yang sebenarnya !!!

  56. wah…. bener2 bersahaja….🙂

    coba dong di review juga keseharian pak ical😀

  57. http://Www...
    Kalo saya blogger termiskin di dunia…
    Pak Anton, maju terus!
    Pak Abu, jangan nyinyir!

  58. semoga saja yang laen bisa meniru…. 😛

  59. semoga tetap istiqomah ya nih pak menteri …

  60. Beliau melaksanakan kewajiban dan menerima haknya tanpa mengambil haknya orang lain. Mudah-mudahan beliau gak neko-neko dan lolos dari godaan setan. Mudahan juga beliau sempat melihat blog kami :

    http://iwanmalik.wordpress.com

    he…he…hee.

  61. semoga semakin banyak pemimpin yang seperti beliau

  62. Sungguh menteri yang langka….
    mungkin ada menteri atau pejabat negara yang mau nyusul???? mungkin ada nominasi menteri yang menyumbangkan kekayaannya kepada rakyat terbesar atau terkecil…..
    hehehehe…

  63. baguslah……

    semoga ini benar adanya tidak dibuat2…..

  64. Berarti Bpk. Anton seseorang yang telah mengerti dan melaksanakan hakikat kehidupan di dunia.
    Yang seperti ini yang suliit.
    Kebanyakan dari kita ‘kan hanya mengerti…
    Yang keterlaluan tentu saja yang tidak mengerti hakikatnya. Pernah juga baca Presiden Iran yang bersahaja di:
    http://catatanmuslim.wordpress.com/2008/10/16/aneh-tapi-nyatamasih-ad-presiden-yg-seperti-ini/

  65. masa depan bangsa seharusnya berada di bawah orang-orang yang kayak gini, hhhehe—

    cahyo pak anton

  66. Masih ada manusia normal dizaman edan ini !!! subhanallah

  67. berbuat baikpun pasti ada yang mencela, apalagi berbuat salah, so teruskan pak anton tauladan ini, agar menjadi contoh bagi menteri2 dan pejabat lainnya…
    paling tidak, kasat matapun melihat, pak anton sudah memperlihatkan kepada kita bagaimana akhlaq seorang pemimpin…

    salam

  68. Salut dan bangga sekali saya sama orang ini.

  69. memang jabatan (seharusnya) bukan sarana untuk mencari kekayaan

  70. luaar biasa pak Anton. Sungguh menjadi teladan bagi semua pejabat pemerintahan.Sukses selalu pak Anton!

  71. Wah sy sngt salut Pak Anton..
    Anda bnr2 membuktikan bhw kekayaan tu tdk hny diukur dr materi tok, tp yg lbh pnting bagaimana kita menginspirasi bnyk org dg keadaan kita yg positif, itu sdh lbh dr sbrp pun materi yg kita miliki.
    Tuhan Memberkati

  72. Sae tah pa mentri, 10 we anu siga bapak mamur sigana rakyat teh. punten ngangge sunda da abdi mah orang sunda asli.

  73. Nah, kalo gitu teladanilah saya sbg blogger termiskin, agar RBI (republik blogger indonesia) sejahtera, hihihi….

    Buat kan Abid:
    abdi gé urang sunda, ngan tiasa nyarios basa indonesia… Nepangkeun!

  74. Aty Ilyas Karurukan

    alhamdulillah kalau masih ada mentri kayak pak Anton, (jangankan mentri yang tamu2 dari pusat ajah selalunya mau dikasih pelayanan prima…gak tau apa kalau kita di UPT daerah gak punya dana…)semoga masih banyak bapak Anton yang lainnya..tetap istiqomah yah pak….

  75. Sebuah tauladan bagi para pejabat sekarang yg bermental tikus! Semoga sejahtera selalu Pak Anton

  76. Hmm..
    Pemimpin teladan seperti ini memang harus lebih diperkenalkan kepada publik agar dicontoh, karena saat ini Indonesia sedang mengalami krisis keteladanan.
    Satu keteladanan lebih baik dari sejuta arahan.

  77. Semoga pak anton diberi sifat yg isrikomah dalam menjalani hidup dan jabatannya.
    Tapi buat yg laen, jangan under estimated gt ah sama menteri yang kaya.
    Kaya boleh aja asalkan kekayaan itu yang diperoleh merupakan harta yang berkah dan halal dari Allah.

  78. Kalau gak salah beliau itu mentri kan?:mrgreen:
    *ditendang*
    *dirajam*

  79. Salut buat pak Menteri Anton.Ini orang yg di tunggu2 oleh Bangsa Indonesia.Jangan kayak yg lain kerjaanny korupsi doang,memperkaya diri mumpung jadi menteri.Pak nyalonin jadi Presiden aja?Pasti saya coblos gak bakalan liat yg lain.

  80. Salam Buat Pak Mentri….

  81. semoga seluruh pejabat membaca dan malu karena lurah aja kekayaan milyaran ada yang punya rmh dikebayoran …gaji lurah berapa sih..?mentri aja 19Jt
    smoga dapat menjadi contoh untuk koruptor yang zolim

  82. Alangkah lebih baik kalau kita menghormati perbuatan baik orang lain. Kalau perbuatan baik malah di sindir apalagi di cela berarti dia yang mencela itu…….., ahlaknya …..? kurang baik kali ye…..!? Orang baik aja kok di sewotin.

    Berjuang terus pak Anton, jadilah sebagai uswatun hasanah bagi bangsa ini.

  83. Kesederhanaannya hampir sama dengan Ahmadinejad, Presiden Iran. Semoga semua pejabat sadar bahwa merekalah yang seharusnya melayani masyarakat bukannya malah dilayani oleh masyarakat.

  84. Memang sangat sedikit orang-orang yang berjiwa zuhud dan kesederhanaan. Semoga kita pun mampu untuk menjadi orang-orang seperti beliau. Baiknya bangsa ini adalah jika kita mau memulai bibit-bibit kebaikan dari diri kita sendiri…insya Alloh

  85. Coba saya diangkat jadi menteri juga .. pasti bisa menyaingi beliau dalam “kemiskinan” .. hehehe

  86. saya merasa sangat berbahagia dan bangga Mudah-mudahan negeri ini akan berubah jadi lebih baik,seperti contoh yang diberikan beliau

  87. Keberadaan beliau bagai Oase di tengah padang pasir… moga “menular” pada menteri2 dan pejabat2 yg lain.
    Maju terus dan istiqomah Pak Anton…

  88. Subhanallah, Luar Biasa.

  89. Ping-balik: Menteri Terkaya di Kabinet Indonesia Bersatu « Republic of Cesar

  90. tetap istiqomah ya pak Anton…

  91. Salam……

    Alhamdulillah…

    Semoga Allah Melimpahkan Rahmad dan Karunia kepada Pak Anton.

    Bagaimana ya seandainya Pak Ical juga nginap di rumah petani yang atapnya mo roboh???

    makanya pak Ical, blajar dunk dari pak Anton yang Miskin….:)

  92. ^_*

    ^_^

    *_^

  93. .🙂

  94. smoga saya seperti pak anton jika menjadi pejabat kelak. hehe..

  95. eh… kalo rumah gak ditinggalin berarti wajib dizakatin ya?

  96. Wah andai semua menteri kaya gitu…..

  97. @the one,

    bukan isrikomah, tapi Istiqomah (sekedar meluruskan)

    hehe..

    salamhangat semua,

    Bangkit Negeriku, Harapan itu Masih Ada!!

  98. arifrahmanlubis

    kita doakan agar beliau selalu istiqamah.

    beginilah yang layak memimpin. berbuat dulu baru mengajak.

    tidak seperti yg lain. mengajak, menyeru, memerintahkan berhemat. tapi mereka sendiri hidup mewah bukan main.

  99. @bangzenk

    bro the one, menurut feeling aye sih dah faham istilah itu, cm salah pencet keyboard kali, coba di cek deh. tombol “T” tu tetangga nya tombol “R”.

    ato bro the one lagi nyari isri😉

  100. @admin1970
    aku copy di blogku mas ijin ya, soale aku muride ingin bangga juga. Yg aku kenal beliau memang sangat sederhana, tapi ilmunya weleh..weleh. patut kita contoh.

    Aris : Silahkan pak, monggo..
    wah… mesti meneladani pa dosen nih..
    atau mau nggantiin beliau di masa yang akan datang…he2..

  101. @arifah

    “pak anton dengan gaji 19 juta. tanya para petani berapa hasil mereka saat panen? kadang tak ada untungnya….”

    Aris : iya mba saya sbg anak petani juga merasakan ksihan pada petani karena nggak sepadan biaya dengan hasil usahanya… semoga dgn menteri yang amanh kesejahteraan petani akan meningkat..

  102. Alhandulillah p. Anton ternyata tidak berubah saat sudah jadi menteri. Waktu masih jadi mahasiswinya dulu, saya selalu terkesan dengan beliau, pintar tapi sangat bersahaja. Terus maju pak membangun pertanian kita. semoga selalu diiringi Ridho Allaw SWT. Amin…

  103. Wah selamat mba nanie, py dosen bersahaja..
    smg keteladanan beliau bs menjadi inspirasi buat kita

  104. miskin aja 300juta an ya…

    jadi menteri ah

  105. 300 juta ngumpulin sejak belum jadi menteri mas..
    Ayo mas aer klo pingin jadi menteri, saya dukung.. kesempatan terbuka lebar…
    Tp jangan angan2 doang.. ntar melayang2 deh…
    Trims kunjungannya mas

  106. Gw setuju dengan tindakan PKS ini, bahkan kini PKS menjalin harmoni yang manis sekali dengan PDIP, gk salah toh? Yang penting adalah suara!
    Tidak perlu berbaju sempit lagi,sekarang era nya buka-buka an. Masalah akidah belakangan, itu bisa diatur di majelis2 taklim setempat

    GO PKS!

  107. @ajaran
    Klo saya lihat masalah suara menurut PKS adalah penting tapi bukan segala-galanya. PKS tdk akan meninggalkan jati dirinya sebagai partai dakwah. Misal pun mungkin PKS koalisi dengan partai lain pasti telah dipertimbangkan manfaat dan mudhorotnya…
    Kita doakan semoga PKS ttp istiqomah aja mas, bisa mengemban amanah rakyat dengan baik…

  108. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Akh, antum hati-hati dengan orang di atas. Sentimennya terhadap agama terlalu tinggi.

    Barakallahu fiik.

  109. Wa alaykum salam
    Jazakalloh akh ibnu nasehatnya… insy ana hati2 ana juga udah kunjungi blognya dan contentnya emang kurang sejalan ama ane…

  110. Sama…
    Tapi ga perlu anti pati. Amaluna amalukum aja, ya akh.

  111. Jazakalloh akh silmikaffa
    Kita adalah ummat pertengahan (ummatan wasathon). yang memandang persoalan dari titik tengah tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek. Yang utama adalah prinsip harus selalu kita pegang.

  112. Semoga 2009 nanti…terlahir pemimpin2 model Pak ANton ini…
    Amiin

  113. Amiin, kita berharap pemimpin Indonesia nantinya adalah orang yang amanah…

  114. asswrwb
    trnyata hidup sederhana yg d ajarin Abah msh ada yg nganut d kalangan atas. sy jd nda psimis lg dg pemerintahan kt.
    Aris menjawab : Wa alaykum salam..
    Betul, percayalah masih ada orang-orang yang masih memegang teguh amanah-amanah yang diemban di pemerintahan. Dan masih ada harapan..

  115. Kaya atau miskin adalah pilihan….
    Kalau miskin pilihannya…. yo sante aja agak usah usaha keras ngejar harta
    Kalo kaya pilihannya…….gak harus merugikan orang lain kan ???
    Jadi kita gak perlu membanding-bandingkan kaya miskin sebagai ukuran akhlak seseorang…
    Tidak selalu yang kaya lebih jelek sifatnya dibanding yang miskin
    Tidak selalu yang miskin lebih baik sifatnya dibanding yang kaya

    Kaya atau miskin adalah pilihan….
    Dengan konsekwensinya masing-masing…
    Jadi kalo kita bangga dengan jadi mlarat…..
    Kita adalah orang yang bodho bin goblok…
    Kita gak mungkin ibadah haji dengan hanya sekedar naik onta
    Kita akan tampak bego… kalo hanya bengong lihat orang disekitar kita yang mungkin sedang butuh bantuan materi tidak sekedar perhatian tapi kita hanya bisa bantu dengan nasehat nasehat yang membosankan

    Kaya atau miskin adalah pilihan…
    Jadi kalo memang cita cita kita jadi orang miskin
    Jangan iri
    jangan dengki kalo lihat orang kaya yang mau mengeluarkan keringat dengan keringat dan ‘otak’nya mau me menej batubara menjadi potensi ekonomi yang menguntungkan

    Kaya atau miskin adalah pilihan…
    Jangan merasa menjadi orang yang paling beriman karena kamu miskin
    Jangan merasa menjadi orang yang berakhlak mulia hanya karena miskin
    Cita-cita miskin adalah alasan pembenar untuk orang-orang yang malas dan goblok

  116. Wah… bro / si qq luar biasa nih… Semangatnya berapi2.. Saya setuju dengan anda.. Bahwa orang Islam itu harus kaya, sebab dengan kekayaan kita bisa berbuat lebih buanyak…
    Mengenai Pa Menteri ini, jangan bro/sis qq, karena “kemiskinan”nya terus berpikir hidupnya dikasihani setiap orang yang melihatnya. Tentunya tidak. Hal penting di sini adalah beliau orangnya sederhana dan bersahaja. Meskipun menjadi Menteri, tapi tidak sombong, mau merakyat. Dan yang paling utama adalah beliau memegang amanah dengan penuh tanggungjawab dan tidak memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadi.
    Terimakasih bro/sis qq telah berkunjung

  117. Sorry boss
    Kritiknya bukan ke Bapak menteri kita ini…
    tapi untuk komentar saya adalah komentar atas komentar komentar kawan kita….
    Thank’s tanggapannya

  118. Oh gpp bro/sis qq…. Kawan2 kita komentarnya pada positif2 kok.. Siapa sih yang mau jadi orang miskin? tentunya ga ada…
    Walaupun komentar bro/sis nadanya sedikit kasar, aku dapat menarik benang merah yaitu…berusahalah menjadi muslim yang kuat(kaya), sebab dengan kuat (kaya) kita bisa berbuat lebih banyak.
    Ok… begitu kira2 ya bro/sis

  119. Wah, ini baru tahu info seperti ini.

    rodadua.net – Toko Online sarung tangan motor keren

  120. Alhamdulillah, hasilnya swasembada beras… semoga tetap berlanjut dan menjadi contoh bagi semua menteri.

    Hidup Indonesia …
    Merdeka !

  121. Owww. Luar biasa moga terpilih jadi menteri lagi

  122. WoW, amazing Leader (Y)
    Saluuut bangett..
    Terus berkarya Pak buat bangsa ini!
    Gbu🙂

  123. Ga bisa dishare yah,??
    ckckck🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s