Berhitung dengan waktu…

Berhitung dengan waktu


Waktu terus berjalan dan tak akan pernah kembali

Demi masa, sesungguhnya manusia itu dalam kerugian, melainkan orang-orang yang beriman dan beramal sholeh dan nasehat-menasehati di dalam kebenaran dan nasehat menasehati dalam kesabaran (QS Al Ashr : 1-3)

Sudah menjadi kepastian bahwa hidup ini terus berjalan. Masih ingat betul dulu waktu di kampung, aku main kelereng, main karet, main gangsing dan berbagai macam mainan anak-anak ketika itu. Masih inget betul dulu ketika pertama kali masuk ke taman kanak-kanak. Asyik benar bermain dan bernyanyi bersama-sama.

Aku juga dulu sering mandi di sungai, bersama teman-teman sepermainan. Walaupun airnya keruh kami tidak kuatir kena penyakit atau gatal-gatal. Aku senang sekali kala itu seakan tiada beban yang harus dipikul. Ya.. namanya juga dunia anak.

Oh.. betapa menyenangkan masa-masa itu…

Namun sekarang…. Aku sudah punya amanah yang harus dipikul. Istri dan dua anak. Wow begitu cepat waktu berlalu, tiada terasa usia semakin tua. Kayaknya baru kemarin aku bermain kelereng bareng teman-teman..Canda dan tawa teman-teman kecilkupun masih terdengar jelas di telingaku.

Ternyata waktu terus berjalan…. detik ke menit, menit ke jam, jam ke hari, hari ke bulan, bulan ke tahun… dan subhanalloh sudah 25 tahun lebih..aku diberi kesempatan untuk menghirup udara, sudah 25 tahun lebih aku diberi mata untuk melihat, lisan untuk bicara, telinga untuk mendengar…

Pertanyaannya.. apakah selama 25 tahun lebih itu  lebih banyak dosa atau kebaikan yang aku perbuat..

Astaghfirulloh… miris hati ini karena sangat mungkin dalam usia yang telah kulewati  lebih banyak dosa yang kuperbuat. Aku hanya berharap ampunanMu ya. Ilahi..

Jika kita telusuri sejarah, Rosululloh SAW wafat pada usia 63 tahun. Namun tak sedikitpun dalam usia beliau digunakan untuk maksiat. Beliau benar-banar Nabi yang ma’shum, yang  dijaga oleh Alloh SWT dari perbuatan dosa.

Pernah suatu ketika masih anak-anak  Rosululloh SAW dijaga oleh Alloh SWT dari maksiat dengan cara ditidurkan ketika beliau mendengar ada suara musik/hiburan. Kita pasti paham bahwa di setiap hiburan pasti ada kemaksiatan. Setelah acara hiburan selesai baru Rosululloh SAW dibangunkan.

Astaghfirulloh.. Bagaimana dengan kita yang setiap hari tak lepas dari maksiat. Apalagi zaman sekarang..kasarnya kita merem aja maksiat berseliweran di sekeliling kita.

Semoga kita diberi kekuatan oleh Alloh SWT agar terhindar dari maksiat modern yang makin beragam bentuk dan rupanya.

Kalau dirata-rata, umur manusia sekarang adalah berkisar 60 tahun-an. Klo mengikuti usia wafat Rosululloh SAW berarti sisa hidupku masih 38 tahun… Itu kalau aku diberi umur sampai 63 tahun. Padahal kita tidak bisa menjamin apakah esok hari masih bisa menatap mentari..

Pada umumnya, manusia bergembira ketika hari ulang tahun tiba.. Mereka senang bertambah usianya. Mereka tidak sadar bahwa sebenarnya usia mereka bukan bertambah, melainkan berkurang sebab usia setiap manusia telah ditentukan. Semakin lama, semakin dekat dengan kematian. Itulah realita yang ada.

Dalam sebuah hadist Rosululloh SAW bersabda :

“Hitung-hitunglah dirimu sebelum engkau dihitung” (HR Tirmidzi)

Itulah mungkin yang harus kita lakukan agar kita tidak termasuk orang yang merugi. Alloh SWT sama sekali tidak butuh amal-amal kita. Alloh SWT tidak butuh ketaatan kita. Setiap kebaikan yang kita perbuat, ketaatan yang kita lakukan adalah kembali untuk diri kita sendiri..

Janganlah kita seperti orang yang tak tahu diuntung. Kita diberi modal oleh Alloh SWT, harus kita manfaatkan sebaik-baiknya. Umur yang tersisa ini adalah modal kita untuk menggapai ridho Alloh dan memperoleh jannahNya…

Ya.. akhi… pandai-pandailah memanfaatkan sisa umur ini….

Walohu a’lam bishshowab

)I(   )I(   )I(

6 responses to “Berhitung dengan waktu…

  1. bagus buanget gan,,
    tolong klo ada artikel yg terbaru, kirim ke email Q ya,,^_^
    soalnya aq tu termasuk orang yang banyak dosa. Q hanya ingin menjadi seorang hamba yang bersyukur.
    thnx before….

  2. Terima kasih mas faris berkenan mampir, alhamdulillah kalau bermanfaat.. Tak ada yang luput dari dosa.. Dengan muhasabah insya Alloh kita kan kembali sadar dan kembali ke jalan yang benar..
    Rajin kunjungi blog aja mas.. he2.. kan sekalian silaturrahim..

  3. Assalamu’alaikum Aris, saya ambil gambarnya ya. Dengan asumsi itu free image. Silahkan mampir ke http://www.lifeschool.wordpress.com (the 1st Daily Updated Indonesian Blog)

  4. Nice post friend…..posting yang indah 🙂

  5. SAYA AMBIL GAMBARNYA YA….FREE KAN…
    a jg punya web,silahkan mampir di http://www.fa91.com, tp masih minim isine,maklum agi sibuk skul…baru coba2
    thnx..

  6. silahkan.. terimakasih sudah mampir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s