Yang dekat malah yang terlambat. Tanya kenapa?

Yang dekat malah yang terlambat. Tanya kenapa?


Rumahku dekat sekali dengan masjid. Kurang lebih 50 meterlah. Tapi karena saking dekatnya itu aku jadi sering terlambat sholat berjamaah. Lho kok bisa? Inilah kenyataannya.

Mungkin orang berpikir dengan rumah dekat dengan masjid maka ia akan lebih awal datang ke masjid, Berburu shaft pertama. Tapi, ternyata tidak. Buktinya… aku sendiri yang telah membuktikan. Siapa sih yang ga tahu besarnya pahala sholat berjamaah di shaft pertama dan sholat di awal waktu?  Pengetahuan itu mungkin dah “nglotok” di kepala kita.  Tapi kenapa kita masih sering terlambat sholat berjama’ah?

ya.. rumahku sangat dekat dengan masjid, tapi… kenapa terlambat? Sering ketika adzan sudah berkumandang, aku masih duduk terdiam menunggu adzan selasai. Dalam hatiku “ntar aja lah baru adzan”. Setelah adzan selesai, ada aja acara yang tadinya tidak ada. Anak nangislah, minta ikut ke masjid. Udah gitu anak ga mau pakai kerudung  A, maunya kerudung B, padahal kerudung B dicari susahnya minta ampun.. Klo ga diajak ke masjid, nangis… jadi mau ga mau harus cari kerudung dulu.

ada lagi di lain waktu anak ga rewel, tapi pas ada tamu, trus lagi ngobrol enak, susah sekali motong obrolan… akhirnya sholat terlambat juga..

ada lagi.. lagi asyik baca buku atau sedang dalam kerjaan yang nanggung.. terlambat lagi..

ada lagi.. pas lagi tidur, aku dengar adzan, lalu  terbangun.. dalam hatiku aku bilang.. ntar aja lah tunggu qomat. Eh…. ternyata aku ga denger qomat. Aku tanya ke istriku… “de.. sudah qomat belum de..? sudah dari tadi mas, tadi mas pules banget jadi ga ade bangunin”

Ya.. memang selalu ada alasan untuk terlambat.. padahal (sekali lagi) rumah sangat dekat.

Itulah aku..

Kemudian setelah aku pikir2.. jarak dekat kok terlambat.. ini ada korelasinya.. Apa itu? Klo kita hidup dalam kemudahan sering kita terlena, dan menggampangkan. itulah penyakit yang kuidap. “Ga kok, ga bakal terlambat. Wong ibaratnya keluar rumah langsung masjid”

Seharusnya aku bisa lebih awal dari yang lain. Bahkan seharusnya sebelum adzan sudah di masjid..

Menunda,

mungkin itu sebab umum orang terlambat. Dalam kegiatan atau aktifitas apapun.  Oleh karena itu menunda harus aku hindari. Setiap menunda berarti kerugian karena waktu yang lewat trakkan kembali.

Harus tegas,

itu mungkin yang harus kulakukan agar tidak terlambat. Klo sudah masuk waktu sholat, ayo tegaslah pada diri sendiri. Tinggalkan semua aktifitas. Allohu akbar2 (Allah Maha Besar2x)… Alloh Maha Besar, selain Allah, kecil, pekerjaan…. kecil, manusia….. kecil,  semua makhluk…kecil. Hanya Allah yang Maha Besar.

Ayo kita lebih awal datang ke masjid…!

2 responses to “Yang dekat malah yang terlambat. Tanya kenapa?

  1. Segolongan orang yg akan mendapatkan pahala yg besar tetapi oleh mereka sendiri pahala itu disingkirkannya, yaitu orang yg rumahnya dekat dengan tempat peribadatan (mesjid) tetapi ia selalu datang paling ahir ke mesjid….

  2. terima kasih pak… sudah berkenan mampir..
    insya alloh akan memperbaiki diri pak, klo bisa sebelum azan sudah nyampe ke masjid
    barokallohu fiik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s