Kebijakan Umar dan Tangisan Anak

Kebijakan Umar dan Tangisan Anak

Rekan blogger, setelah lama blog-ku ga ku update alhamdulillah akhirnya bisa juga ku tengok lagi blog tercinta ini.. ada kisah menarik pada zaman Khalifah Umar bin Khottob bagaimana pada waktu itu beliau yang merupakan pemimpin tertinggi umat Islam, begitu pekanya terhadap rakyat yang menderita karena kebijakan yang tidak tepat.

Hanya gara-gara mendengar bayi menangis, beliau langsung tersentuh hatinya dan langsung mengubah kebijakannya. Berikut kisahnya :

————

Pada Suatu hari, Khalifah Umar bin Khattab mendapat giliran meronda. Beliau mengelilingi sekitar rumahnya sepanjang malam. Ketika itu ada kafilah datang beristiahat di kampungnya. Umar memperhatikan satu per satu anggota kafilah itu secara diam-diam.

Ketika memperhatikan, Umar mendengar tangisan bayi. Umar menghampiri tempat bayi tersebut sembari berkata kepada sang ibu untuk menghentikan tangisan anaknya.

Karena masih menangis terus Umar kembali menegur sang ibu kedua kalinya. Ibu itu berkata, “ Saya belum berhak mendapat subsidi anak. Pemerintah Umar memberikannya jika anak sudah disapih. Saya membiarkan anak begitu saja supaya terlihat sudah disapihdan berharap bisa mendapat subsidi”.

Mendengar ungkapan itu Umar menangis. Sudah berapa banyak bayi terlantar karena kebijakan yang ia buat salah. Keesokan harinya Umar mengumumkan perubahan kebijakan. Semua anak sejak ia lahir berhak mendapat subsidi pemerintah.

Bisa dibayangkan karena tangisan anak, Umar mengubahkebijakannya.Berbeda dengan di Indonesia, tangisan bahkan kematian bayi belum tentu mengubah kebijakan negara kita.

Sumber : Majalah Sabili No 24 XVI 18 Juni 2009/25 Jumadil Akhir 1430 hal 32

———-

Subhanalloh… betapa jiwa pemimpin yang seperti ini yang didambakan oleh rakyatnya. Pemimpin yang tidak hanya mementingkan golongan tertentu. Pemimpin yang belum bisa tidur nyenyak kalau ada rakyat yang kelaparan. Pemimpin yang rela hidup sederhana dalam hidupnya. Kebahagiaannya adalah ketika rakyat  yang di bawah pimpinannya juga merasakan kebahagiaan.

Adakah di Indonesia kita jumpai pemimpin seperti sosok Umar ini? Semoga sosok pemimpin yang terpilih di negara kita benar-benar pemimpin yang merakyat yang berlaku adil pada semua golongan dan tentunya yang amanah dalam mengemban tugasnya.

)I(  )I(   )I(

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s